8 Fakta yang Menakjubkan Tentang Suasana Bumi Sesungguhnya

Inmisteri - Atmosfer yang berada di bumi kita merupakan lapisan perlindungan yang sangat penting bagi planet kita. Atmosfer bertugas  untuk melindungi bumi kita dari benda-benda berbahaya luar angkasa seperti radiasi, sisa serpihan benda ruang angkasa yang mengarah ke bumi sehingga benda ruang angkasa tersebut tidak jatuh ke bumi.  Atmosfer merupakan salah satu fakta yang menakjubkan yang di punyai bumi. Namun masih ada fakta lain bumi yang akan kita bahas berikut ini.

1. Sebagian dari anda mungkin telah mempelajarinya dikelas bahwa atmosfer bumi kita ini terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan sisanya terdiri dariargon, karbondioksida dan gas-gas lainnya. Mungkin anda belum mengetahui bahwa bumi kita ini merupakan satu-satunya planet yang memiliki kandungan oksigen bebas. Oksigen merupakan gas yang sangat reaktif, sering mengikat dengan bahan kimia lain. Oksigen inilah membuat bumi menjadi tempat yang layak untuk makhluk hidup. 

2. atmosfer kita memiliki lima lapisan utama yang memungkinkan terjadinya kehidupan. Lapisan yang pertama yaitu troposfer, tingginya sekitar 11 mil (17 km)  dari permukaan laut  khatulistiwa. Sebagian besar cuaca kita terjadi di sini karena campuran udara hangat naik dan turun untuk membentuk awan dan angin.

3. Lapisan berikutnya adalah stratosfer, ketinggiannya mencapai hingga sekitar 30 mil (50 km) di atas permukaan laut khatulistiwa. Di sinilah letak lapisan ozon, yang melindungi kita dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Meskipun lebih tinggi dari troposfer, lapisan ini menjadi lebih panas menyerap energi panas dari sinar matahari.

4. mesosfer adalah lapisan tengah, dengan ketinggian sampai 52 mil (85 km) di atas permukaan planet dimana suhu berkisar sekitar -180 ° F (-120 ° C). Sebagian besar meteor yang memasuki atmosfer kita akan  terbakar di mesosfer.

5. Dianggap bagian pertama dari luar angkasa karena ketipisan dan daerah tertutup (sekitar 430 mil atau 690 kilometer di atas khatulistiwa), ionosfer adalah di mana sebagian besar satelit berada, termasuk Stasiun Luar Angkasa Internasional juga berada di sana.


6. Eksosfer adalah lapisan kelima dan terakhir dari atmosfer kita, yang semakin lemah dan lemah karena meluas dari Bumi sampai menyatu dengan ruang antar planet. Bagian yang menarik adalah bahwa lapisan ini dapat mengembang dan menyusut. Ketika matahari tenang dan tidak mengompresi lapisan dengan badai matahari, bagian atas eksosfer dapat memperpanjang dari rendah-titik dari 620 mil (1.000 km) sepanjang jalan sampai ke 6214 mil (10.000 km) dari permukaan planet .

7. Karena merupakan lapisan yang lebih tipis dari lapisan pertama, stratosfer merupakan tempat dimana kebanyakan pesawat jet dan balon cuaca terbang. Jet bisa terbang lebih cepat karena berkurangnya gravitasi dan gesekan serta balon cuaca bisa terhindar dari badai, yang sebagian besar terjadi di bawah di troposfer.
8. jika tidak ada bermacam-macam gas di atmosfer, bumi akan menjadi terlalu dingin bagi kita untuk hidup. uap air, karbon dioksida dan gas-gas atmosfer ini menangkap panas dari matahari yang dipancarkan kepermukaan bumi dan membantu menciptakan iklim dibumi. Hal seperti ini biasa kita kenal dengan efek rumah kaca, para ilmuwan mengkhawatirkan bahwa jika terlalu banyak gas yang membawa panas memasuki atmosfer, efek rumah kaca yang berlebih dapat  menciptakan pemanasan global.