Ibu Hamil Harus Baca!!! Terlalu Banyak Mengonsumsi Suplemen Justru Berbahaya Untuk Ibu Hamil


Ibu Hamil Harus Baca!!! Terlalu Banyak Mengonsumsi Suplemen Justru Berbahaya Untuk Ibu Hamil
Untuk alasan ingin mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin biasanya ibu hamis memilih untuk mengonsumsi berbagai macam suplemen dan vitamin. Padahal sikap kebiasaan berlebihan ini justru tidak di anjurkan.

Seperti yang di kutip dari BBC dalam Drug Therapeutics Bulletin peneliti menuliskan bahwa beberapa bukti yang ada menunjukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak suplemen malah tidak terlalu berefek positif untuk mengingkatkan kesehatan ibu dan bayi.

Menurut tim peneliti, beberapa suplemen yang di butuhkan untuk ibu hamil di antaranya asam folat dan vitamin D. Namun untuk selebihnya bisa di dapatkan ibu hamil dengan mengonsumsi asupan makanan sehari-hari termasuk buah dan sayuran.

Asam folat jika dikonsumsi dengan cukup dapat melindungi janin dari risiko cacat sistem saraf pusat seperti spina bifida. Sementara itu, asupan vitamin D diperlukan guna menjaga kesehatan tulang ibu dan janin. Biasanya dokter kandungan akan memberikan suplemen ini, meskipun ibu bisa mendapatkannya dari sumber alami.

Sayangnya, tak sedikit wanita justru memilih untuk mengonsumsi berbagai jenis suplemen lainnya, termasuk vitamin A. Padahal peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi berlebihan vitamin A justru dapat membahayakan kesehatan janin.

"Kami ingin supaya wanita yang sedang hamil untuk lebih memilih mendapatkan asupan nutrisi dari diet sehat dan bervariasi, termasuk dari asupan buah dan sayuran segar, di samping mengonsumsi suplemen secara asal dan berlebihan," tutur Janet Fyle, dari Royal College of Midwives.

Fyle juga menegaskan bahwa wanita hamil tak selalu harus mengonsumsi makanan dalam dua porsi alias dobel. Menurutnya informasi tersebut hanya mitos. "Yang diperlukan wanita hamil adalah makanan dengan jumlah yang seimbang dan normal, tak perlu dilebihkan," terangnya.